Visi Misi & Tujuan

Visi Misi dan Tujuan

Visi:

‘Terwujudnya sekolah yang memiliki profil pelajar Pancasila, cinta lingkungan dan berwawasan global’’.

Indikator Visi :

  1. Terwujudnya pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar Pancasila, yang memiliki enam dimensi utama yaitu: beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong- royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis dan kreatif.
  2. Meningkatnya kepedulian warga sekolah terhadap kebersihan dan pelestarian lingkungan sekolah
  3. Terwujudnya sekolah dan lingkungan yang rindang, hijau, bersih, sehat dan indah
  4. Terwujudnya pribadi yang peduli lingkungan
  5. Terwujudnya peserta didik berwawasan global berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila
  6. Terwujudnya peserta didik yang kreatif, inovatif, berliterat, mampu menggunakan teknologi dengan bijak dan menciptakan produk yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Misi:

  1. Menciptakan profil pelajar melalui pendidikan berkarakter bangsa yang cinta tanah air, berjiwa nasionalis, mengembangkan budaya lokal, dan bijaksana serta menghargai kearifan dan budaya lokal.
  2. Menanamkan cinta lingkungan dan memanfaatkan lingkungan sebagai media belajar.
  3. Melaksanakan Program Parenting untuk mewujudkan Sekolah Ramah Anak (SRA).
  4. Menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menantang tapi menyenangkan bagi seluruh warga sekolah.
  5. Menjalin kerjasama dengan Dunia Usaha untuk pelestarian lingkungan.
  6. Mengembangkan potensi diri peserta didik menjadi manusia yang tangguh menghadapi persaingan global.

Tujuan:

  1. Membentuk peserta didik yang mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam sikap maupun tindakan.
  2. Menghasilkan peserta didik yang berprestasi dengan kebiasaan melakukan penelitian sederhana mengkreasikan ide dan penelitiannya yang bermanfaat untuk lingkungan sekitar.
  3. Membentuk peserta didik dengan budaya berliterasi dan numerasi yang cerdas sesuai tuntutan komptensi Abad 21 serta mampu berbahasa Inggris komunikatif sederhana, proses pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan kontekstual.
  4. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang memacu peserta didik bernalar kritis, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan ide dan gagasan yang bermutu dan menggunakan teknologi dengan bijak.
  5. Menciptakan peserta didik yang mampu bernalar kritis dalam pelaksanaan kegiatan berbasis projek yang mengedepankan dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila
  6. Membentuk peserta didik yang peduli lingkungan melalui kebiasaan merawat lingkungan, dan pengelolaan limbah,
  7. Mengoptimalkan dan memanfaatkan sarana prasarana sekolah yang menunjang peseta didik dalam mengkreasikan ide/gagasan yang berakar pada nilai budaya lokal.
  8. Menciptakan peserta didik yang memiliki budaya perilaku hidup bersih dan sehat.
  9. Merancang pembelajaran yang mendorong terwujudnya kompetensi abad 21 dengan ciri khas sekolah dan daerah dalam nuansa kebhinekaan global yang harmonis;
  10. Membentuk peserta didik yang memiliki kemampuan daya saing, berkarakter, berprestasi dan memiliki pribadi yang beriman, rajin dan taat beribadah serta saling menghargai perbedaan dan mencintai lingkungan dan bangsanya;
  11. Menghasilkan lulusan prestatif berbekal keterampilan hidup, mampu bersaing di tingkat regional dan nasional yang mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris sederhana.
  12. Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan nyata.
  13. Menjadi pemimpin bagi diri dan temannya untuk menjadi pribadi yang bernalar kritis, tangguh, percaya diri dan bangga dalam kegotong – royongan.
  14. Menguasai kecakapan dalam berkomunikasi sosial dan berjiwa kompetitif, kreatif dan mandiri yang tetap menjunjung budaya local
  15. Mempunyai life skill yang mampu berdapatasi dengan perekembangan jaman.
  16. Mampu mengkreasikan ide/ gagasan yang dituangkan dalam tindakan atau karya yang berakar dari budaya lokal dalam kebhinekaan global
  17. Mempunyai karakter yang sopan, santun dan dan mandiri, kreatif yang mampu bersaing sesuai perkembangan jaman.
  18. Menjadikan sekolah sebagai tempat untuk mengembangkan proses perkembangan intelektual, emosional, sosial, ketrampilan dan tumbuh kembang peserta didik sesuai tingkat kemampuan dan kondisi masing masing peserta didik yang mengedepankan nilai gotong royong.
  19. Menjadikan masyarakat dan orang tua sebagai mitra bersama dalam menjalankan penyelenggaraan pendidikan sekolah.
  20. Melakukan kemitraan dan kerjasama dengan komite sekolah, instansi lain, organisasi sosial kemasyarakatan.